Workshop Bussiness Proses Pada EJournal Ilmiah Politeknik Penerbangan Surabaya

Workshop Bussiness Proses Pada EJournal Ilmiah Politeknik Penerbangan Surabaya

Pada hari Kamis – Sabtu, tanggal 28-30 November 2019 Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Penerbangan Surabaya melaksanakan Workshop Bussiness Proses Pada EJournal Ilmiah Politeknik Penerbangan Surabaya yang berlokasi di Ibis Styles Hotel Surabaya.

Kegiatan dimulai dengan pengarahan dari Wakil Direktur III berupa pemaparan tentang EJournal Poltekbang Surabaya yang berisi 3 jurnal yaitu Jurnal Penelitian, Jurnal APPROACH, dan Prosiding SNITP Online. Pemaparan berikutnya oleh narasumber Ir. Resmana Lim, M.Eng adalah mengenai Open Journal Source (OJS) yaitu system yang diguakan dalam EJournal untuk Akreditasi dan tata cara penerbitan jurnal secara online mulai dari proses submission, review, dan publish. Berikutnya adalah pelaksanaan proses bisnis dalam Open Journal Source (OJS) yang didalamnya terdapat beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut :

  1. Admin/author melakukan submit artikel ke dalam OJS dan mitra bestari akan dipilih oleh admin untuk mereview artikel.
  2. Pada proses review, mitra bestari dapat mengirim hasil review pada author dan editor atau hanya pada editor dan  jika ada revisi yang ditulis dalam file artikel maka file artikel dapat diupload.
  3. Rekomendasi artikel dapat diberikan oleh admin sesuai dengan hasil review, diterima atau ditolak. Admin dapat meminta author untuk merevisi artikel dengan “Request Revision”
  4. Poin-poin revisi dapat disertakan dalam email yg dikirim pada author dan riwayat revisi dapat dilihat pada “Editorial History”. Artikel yang telah direvisi akan diteruskan ke copyediting dan production sebelum publish.
  5. Pengaturan halaman disesuaikan dengan artikel pada jurnal dalam volume yang sama dalam terbitan karena berpengaruh pada penilaian. Halaman kembali ke 1 pada volume baru.
  6. Untuk menjaga kesesuaian isi artikel maka mitra bestari akan dipilih dari tiap – tiap prodi agar hasil review tetap sesuai dengan bahasan.
  7. Batas waktu ideal untuk review adalah 2 bulan, hal ini dapat berubah jika jumlah artikel yang masuk untuk direview terlampau banyak.
  8. Dalam proses review terdapat form penilaian mitra bestari berupa pertanyaan dengan pilihan jawaban dan form ini akan digunakan mitra bestari untuk menilai setiap artikel yang masuk ke dalam OJS. Form penilaian mitra bestari berisi penilaian tentang :
    • Isi artikel
    • Abstrak
    • Pembahasan
    • Hasil analisis data
    • Simpulan
  9. Untuk penilaian akreditasi, hasil review dan riwayat revisi akan dicek untuk penilaian oleh system ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) dengan jumlah artikel minimum 5 atau konsisten dalam setiap jurnal.
  10. Penerbitan Jurnal Penelitian Volume 4 No. 3 bulan September 2019 dapat diterbitkan karena proses review sudah selesai. Sedangkan untuk Jurnal Penelitian Volume 4 No. 4 bulan Desember 2019 akan dilakukan proses submit secara mandiri dan direvisi oleh mitra bestari yang dipilih. Guna melaksanakan kegiatan tersebut diperlukan :
    • Persiapan tata cara registrasi akun online EJournal untuk dosen
    • Persiapan tata cara submit paper di jurnal penelitian online
  11. Penerbitan Jurnal APPROACH Volume 3 No. 1 bulan April 2019 dan Volume 3 No. 2 bulan Oktober 2019 belum dilaksanakan karena artikel sedang dalam proses review.
  12. Penerbitan Prosiding SNITP 2019 Online Volume 3 No. 1, Volume 3 No. 2, dan Volume 3 No. 3 sudah diterbitkan di EJournal.

Categories: All, Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *